Kehamilan
Sabtu, 10 Juni 2023

SEPUTAR ASI EKSLUSIF Belajar bersama yuk bunda!

SEPUTAR ASI EKSLUSIF Belajar bersama yuk bunda!

Pasti kita sudah tidak asing dengan kata ASI, ya benar sekali Air susu ibu. Tetapi apa yang dimaksut dengan ASI ekslusif ? Pemberian ASI kepada bayi baru lahir hingga berusia 6 bulan tanpa tambahan makanan atau minuman lain itulah yang dinamakan ASI ekslusif.

 

Kira kira untuk calon bunda sudah tau fungsi ASI ekslusif atau belum ya?

Jadi bunda, didalam ASI itu mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, zat antibodi dan enzim untuk meningkatkan ketahanan tubuh sehingga bayi dapat terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan.

Oleh karena itu, bunda harus makan makanan yang bergizi supaya ASI yang dihasilkan dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan si kecil.

 

Selain untuk nutrisi pemberian ASI dipercaya dapat meningkatkan kedekatan bunda dengan sang buah hati. Saat pemberian ASI bunda harus memperhatikan kebersihan khususnya pada payudara karena itu yang akan kontak langsung dengan mulut si kecil nih bunda.

 

 

Berikut langkah memberikan ASI dengan benar, Mari kita simak bersama bunda!

·      Sebelum menyusui pastikan cuci tangan dengan sabun hingga bersih, bersihkan juga puting menggunakan air bersih lebih baik lagi jika menggunakan air untuk minum ya bund.

 

·      Letakkan si kecil pada pangkuan bunda dengan posisi tiduran kepala pada siku kemudian tangan sebelah menyangga badan si kecil.

 

·      Posisikan puting pada mulut si kecil.

 

Adapun faktor yang menunjang keberhasilan dalam ASI ekslusif , selain kondisi bunda dan bayi sendiri, dukungan dari lingkungan sekitar juga menjadi faktor keberhasilan dalam ASI ekslusif terutama peran seorang suami yang selalu mendampingi dan memberikan afirmasi positif membantu meningkatkan rasa percaya diri ibu.

 

Makanan apa saja yang bisa membuat ASI bunda berkualitas?

·      Wortel

Yang pertama ada wortel nih bund, dengan kandungan Vitamin A pada wortel yang sangat baik untuk mata, ternyata wortel juga sebagai salah satu makanan yang dapat medorong proses produksi susu (laktasi).

·      Kurma

Untuk membantu tubuh memproduksi banyak proktalin, bunda dapat mengkonsumsi kurma agar ASI yang dihasilkan lebih melimpah.

·      Bayam

Sebagai sumber antioksidan untuk menjaga sel sel otak si kecil nih bund.

Jadi diatas adalah beberapa makanan yang dapat membantu agar produksi ASI bunda melimpah dan berkualitas.

Ingat ya bunda untuk selalu memberikan ASI ekslusif hingga usia 6 bulan!