Artikel Kesehatan
Sabtu, 10 Juni 2023

SEBERAPA PENTING PERAWATAN PAYUDARA SAAT HAMIL? YUK SIMAK MOM’S!

SEBERAPA PENTING PERAWATAN PAYUDARA SAAT HAMIL? YUK SIMAK MOM’S!

Saat hamil Mom’s harus senantiasa menjaga kebersihan serta merawat diri dengan cara berolahraga dengan diimbangi makan makanan yang bergizi serta minum air putih yang cukup ya Mom’s!

Namun ada satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan ibu hamil yaitu Perawatan payudara. Karena payudara yang nantinya akan menjadi jalan dan penampungan ASI bagi debay nih Mom’s.

Perawatan payudara tentunya memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil yang nanti akan menyusui bayinya. Selain agar memperlancar pengeluaran ASI, meminimalkan keluhan dan masalah saat menyusui adalah salah satu manfaat dari perawatan payudara.

 

Berikut yang dapat Mom’s lakukan agar payudara tetap terawat :

 

·      Gunakan Bra yang tepat

Ingat ya Mom’s! Seiring dengan berjalannya usia kandungan pasti ada perubahan ukuran pada payudara.Jadi Mom’s harus menyesuaikan ukuran bra dengan bentuk payudara. Usahakan cup bra menutupi seluruh payudara.

 

·      Pijat payudara

Mom’s dapat memijat rutin pada area puting dengan lembut menggunakan baby oil / pelembab agar puting tidak kering dan mengelupas. Lakukan pijat ini pada usia > 5 bulan untuk menghindari kelahiran prematur.

 

·      Oleskan ASI pada puting

Mengoleskan ASI pada puting saat setelah menyusui agar dapat membantu melembabkan dan melindungi puting dari infeksi nih Mom’s.

 

·      Kompres payudara

Mom’s dapat lakukan kompres pada payudara menggunakan air hangat ataupun air dingin / es untuk mengurangi rasa nyeri dan sensitif pada payudara.

 

Jadi Mom’s saat hamil payudara akan mengalami bebrapa perubahan seperti halnya membesar, padat , nyeri dan sensitif. Selain itu kulit sekitar puting akan menjadi lebih gelap. Keluarnya cairan kental kekuningan atau biasanya disebut kolostrum. Tersumbatnya saluran susu pada areola menyebabkan benjolan kecil pada payudara.

Namun Mom’s juga harus paham tanda – tanda kanker payudara yang biasanya ditandai dengan benjolan pada payudara atau ketiak, puting mengeluarkan darah, iritasi pada kulit payudara dengan adanya kemerahan hingga mengelupas. Jika Mom’s ada keluhan tentang payudara dan kehamilan segera konsultasi ke dokter kandungan ya Mom’s.