Artikel Kesehatan
Sabtu, 10 Juni 2023

APA ITU ANTENATAL CARE?

APA ITU ANTENATAL CARE?

Seorang wanita hamil perlu mendapatkan perawatan dan perhatian yang khusus untuk memastikan ibu dan janin dalam kondisi sehat selama masa kehamilan. Adanya pelayanan Antenatal Care atau cek kandungan agar mendeteksi sejak dini kondisi kehamilan terutama yang beresiko.

Untuk menyiapkan sebaik-baiknya fisik dan mental serta menyelamatkan bunda dan si kecil dalam kehamilan, persalinan dan masa nifas, sehingga saat postpartum keadaan bunda dan anak sehat serta normal secara fisik dan mental.

Seorang wanita hamil berhak mendapatkan Antenatal Care di Puskesmas maupun fasilitas kesehatan minimal 6 kali selama masa kehamilan.

Berikut yang didapatkan bunda saat Antenatal Care :

·      Timbang berat badan dan ukur tinggi badan. 

Jadi bunda, cek berat dan tinggi badan bertujuan untuk mengecek apakah masih ditahap normal atau kelebihan. Jika terjadi kelebihan BB akan di cek lebih lanjut adanya pembengkakan atau kehamilan kembar.

 

·      Ukur tekanan darah

Apabila tekanan darah bunda diatas 140/90mmHg, maka dikatakan tinggi yang berpotensi preeklampia dan ekslampia.

 

·      Imunisasi TT

Pastinya bunda tak ingin sang buah hati terinfeksi Tetanus Neonatal untuk itu pada Antenatal Care diberikan Imunisasi Tetanus Toxoid.

 

·      Ukur tinggi fundus uter

Pengukuran fundus uteri ( bagian rahim yang terletak pada puncak rahim ) sendiri untuk mengukur usia kehamilandan juga mengecek pertumbuhan progresif janin.

 

·      Tentukan presentasi janin dan denyut jantung janin

Frekuensi dasar denyut jantung janin normal : 120 – 160 denyut/ menit. Pemeriksaan detak jantung bertujuan untuk mengetahui perkembangan janin yang ada didalam perut bunda.